Toyota Calya, Adik Avanza, Kakaknya Agya



Calya-Calya, eh zakia-zakia penari gurun pasir ternama..Entah kenapa lagu Ahmad Albar, ya vokalis God Bless, aslinya ngerock tapi bisa ngedangdut, terngiang2 di kepala saat mobil ini dirilis...mungkin karena kesamaan fonem.. Calya...Zakia....

Calya katanya artinya sempurna dalam bahasa sanskerta, kalau kembarannya Daihatsu Sigra, artinya respons yang cepet...wus-wuss.

Ya udah nevermind, yang pasti ini mobil diprediksi bakal jadi big hit nih. Murah, pengganti Avanza di kelas Rp 100 jutaan. Avanza kan kian melambung, jadi perlu ada pengisi di kelas ini.
Yang penasaran dengan mobilnya, ada rilis dari Toyota-Daihatsu nih. Ya Daihatsu yang buat mobil, bukan Toyota:





Guna mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri otomotif nasional dan untuk memenuhi permintaan pasar domestik, Toyota dan Daihatsukembali melakukan kolaborasi untuk berkontribusi pada bangsa Indonesia.

Melalui kolaborasi ini akan terjadi peningkatan investasi, pembukaan lapangan kerja baru, peningkatan kandungan komponen lokal serta transfer pengetahuan dan teknologi otomotif kepada putera-puteri bangsa, sebagaimana terjadi pada kolaborasi sebelumnya.'

Menengok sejarah, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) telah melakukan kerjasama sejak 1967. Khusus di Indonesia, Toyota dan Daihatsu telah menghasilkan produk kolaborasi sejak 2003 seperti Avanza-Xenia, disusul Rush–Terios (2006), dan Agya–Ayla (2013) serta produk mandiri lainnya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke lebih dari 70 negara.

Sejak pertama hadir di Indonesia, Toyota Group telah menginvestasikan lebih dari Rp 49 triliun bagi pengembangan industri otomotif nasional, yang tercermin pada peningkatan volume pasar otomotif domestik hampir dua kali lipat, selama 10 tahun terakhir (2005-2010), dengan pertumbuhan rata-rata 11,4% per tahun. Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi penting bagi Toyota Group menjadikannya sebagai penyumbang ekspor terbesar dengan market share mencapai lebih dari 87% dari total volume ekspor nasional selama Semester I Tahun 2016.

Toyota dan Daihatsu, meresmikan kolaborasi terbarunya yaitu Astra Toyota CALYA dan Astra Daihatsu SIGRA.

Kolaborasi ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan industri otomotif nasional, karena produk kolaborasi seperti CALYA dan SIGRA dirancang khusus sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia dan diproduksi oleh putera puteri bangsa di Pabrik Perakitan Kendaraan, PT Astra Daihatsu Motor, di Karawang Asembly Plant, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, yang memiliki kapasitas produksi 200.000 unit per tahun. CALYA dan SIGRA telah memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi, yaitu mencapai 94%.

 Toyota dan Daihatsu berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia dengan memperkuat kompetensi putera-puteri bangsa sebagai bagian dari pembangunan industri otomotif di Tanah Air.

Terus kira-kira bakal saya beli gak ya? Kalau soal ini harus nanya emaknya anak-anak.. "Emang papap punya uang dimana? Cicilan rumah belum lunas..." begitu kata istri saya yang paling cantik sedunia... Yo wis hahahah...

Comments