HMID memahami bahwa tenaga kesehatan menjalankan peran penting dalam keadaan yang sedang sulit saat ini, maka dari itu inisiatif ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mempermudah mobilitas tenaga kesehatan serta menjadi solusi terhadap penurunan kapasitas dan ketersediaan transportasi umum yang terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk rute perjalanannya, tenaga kesehatan dari dan ke RSPI Sulianti Saroso serta RSUP Persahabatan bisa diantar dan dijemput dari berbagai titik penjemputan di daerah Jadetabek, sementara tenaga kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, bisa diantar dan dijemput dari The Media Hotel and Towers yang telah dialokasikan sebagai tempat istirahat para tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19.
Hyundai percaya pada semangat 'kemajuan untuk kemanusiaan', dan kolaborasi dengan Armada Khusus Transportasi Grab merupakan perwujudan dalam upayanya berkontribusi untuk masyarakat dengan menyediakan transportasi yang aman bagi tenaga kesehatan. Semua mobil yang disediakan juga telah menerapkan prosedur keselamatan yang terstandardisasi, di mana area pengemudi dilindungi dengan partisi plastik untuk meminimalkan kontak langsung dengan penumpang serta telah melalui proses disinfeksi untuk mensterilkan interior mobil. Dengan demikian, pengemudi dan tenaga kesehatan dipastikan aman selama COVID-19.
Tidak hanya menyediakan transportasi yang aman, Hyundai juga bertujuan untuk mengangkat semangat petugas kesehatan. Karenanya, Hyundai dan Armada Khusus Transportasi Grab membawa pesan khusus yang terdapat di
sticker
mobil yang bertuliskan: "Pengantar Pejuang Medis Indonesia" dan #GerakanHarapan. Pesan-pesan ini adalah bentuk apresiasi dari Hyundai dan Grab Indonesia untuk para petugas kesehatan yang tanpa lelah telah melakukan upaya terbaik mereka untuk mengakhiri pandemi
ini.
Kemitraan Hyundai dan Grab Indonesia dimulai dengan membawa Hyundai IONIQ Electric ke Indonesia sebagai Armada Khusus Grab. Kemitraan ini juga menandai dimulainya era solusi mobilitas ramah lingkungan dengan tersedianya 20 unit IONIQ Electric untuk beroperasi di wilayah Jakarta mulai Januari 2020. Keputusan untuk menggunakan Hyundai IONIQ untuk petugas kesehatan diharapkan akan membawa lembar baru yang berharga bagi Hyundai. dan Armada Khusus Transportasi Grab dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menyatakan, "Grab Indonesia memiliki komitmen yang sama dengan Hyundai, yaitu memberikan dukungan bagi para tenaga kesehatan dalam melawan COVID-19 sehingga mereka dapat melanjutkan mobilitas mereka di masa-masa yang sulit seperti saat ini. Kami berkomitmen dalam menyediakan fitur-fitur pada Armada Khusus Transportasi Grab, dimana pengemudi kami dilengkapi dengan APD, seperti pembersih tangan dan disinfektan untuk perjalanan bersama penumpang umum, serta setelan hazmat untuk perjalanan dengan tenaga kesehatan. Partisi plastik juga kami aplikasikan sebagai pemisah antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah transmisi COVID-19. Setiap minggu pengemudi juga menerima pelatihan terkait prosedur sanitasi, dan penyediaan ulang perlengkapan alat sanitasi dan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan desinfektan. Hal ini menjadi semakin bermanfaat dengan menggunakan mobil Hyundai yang ramah lingkungan. Kemitraan dengan Hyundai ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menjaga masyarakat Indonesia serta secara signifikan berkontribusi dalam meratakan kurva pandemi."
Hyundai IONIQ Electric untuk tenaga kesehatan akan beroperasi dari 27 April hingga 26 Juni 2020 dengan jam operasional 06.00 - 22.00 WIB (Waktu Indonesia Bagian Barat). Untuk tetap mematuhi implementasi PSBB yang sedang berlangsung, batasan penumpang akan mengikuti pedoman pemerintah lokal untuk setiap perjalanan.
Comments